Selasa, 01 September 2015

TENTANG KOTA SORONG,BUDAYA PAPUA,MAKANAN KHAS PAPUA DAN CIRI KHAS PAPUA

KOTA SORONG (PAPUA BARAT)
Saya akan mendeskripsikan sedikit tentang kota asalku sorong provinsi papua barat. Namun,selanjutnya akan aku deskripsikan tentang Budaya, Makanan, dan ciri khas dari masyarakat Papua secara umum.
Kota Sorong, adalah sebuah kota di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Kota ini dikenal dengan sebutan Kota Minyak.
Kota Sorong sangatlah strategis karena merupakan pintu keluar masuk Provinsi Papua dan Kota Persinggahan. Kota Sorong juga merupakan Kota industri, perdagangan dan jasa, karena Kota Sorong dikelilingi oleh Kabupaten lain yang mempunyai Sumber Daya Alam yang sangat potensial sehingga membuka peluang bagi investor dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya.
Kota sorong juga memiliki tempat-tempat wisata antara lain taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya, Pulau Raam, Pulau Soop dan Pulau Doom yang terkenal dengan pantainya yang indah. Juga pulau Dofior yang terdapat Tugu Selamat Datang di Kota Sorong dengan menggunakan bahasa Moi ( suku asli di Kota Sorong) yang ramah dan bersahabat menyambut pengunjung yang datang di Kota Sorong. Juga tembok Dofior yang terkenal dengan pemandangan panorama lout dan keindahan alam menjelang senja

BUDAYA PAPUA
Saya akan menjelaskan sedikit tentang budaya saya yaitu budaya papua. Walaupun sebenarnya saya bukan asli orang papua, tapi saya lahir dan dibesarkan oleh kedua orangtua saya di tanah papua, sehingga saya sangat mencintai dan merindukan pulau Papua karena disana kebahagiaan saya karena disana saya dapat berjumpa dengan orang-orang yang saya sayangi.
Papua memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang ada di dalamnya, kesenian dan kebudayaan tersebut sangat unik dan menarik. Berikut beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di Papua :

Bahasa
Terdapat ratusan bahasa daerah yang berkembang pada kelompok etnik yang ada di Papua. Aneka Berbagai bahasa ini menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi antara satu kelompok etnik dengan kelompok etnik lainya. Oleh sebab itu, Bahasa Indonesia digunakan secara resmi oleh masyarakat-masyarakat di Papua,

Pakaian Tradisional
Pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat itu memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa bentuk burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. 


Tari Tradisional 
Papua memiliki berbagai macam tarian yang unik dan menarik, seperti tari selamat dating yang merupakan tarian khas papua yang menggambarkan kegembiraan hati para penduduk dalam menyambut para tamu terhormat yang datang ke wilayah mereka, juga ada tarian Yosim Pancar atau biasa disingkat Yospan adalah tari pergaulan/persahabatan para muda-mudi. Yospan merupakan penggabungan dari dua tarian rakyat di Papua, yaitu Yosim dan Pancar.
MAKANAN KHAS
Makanan Khas atau yang terkenal dari daerah asalku Papua Yaitu Papeda, Sagu Batangan, Sirih Pinang.
CIRI KHAS
Rumah Adat
Rumah adat Papua memiliki nama Rumah Honai, dimana bahan yang diguanakan untuk membuat rumah Honai yaitu dari kayu dengan dan atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. Umumnya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk mengerjakan kerajinan tangan.

Sumber :
http://janahnur25.blogspot.com
http://kevin-kenedy.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar